10 Rekomendasi Resep Snack India Ini Wajib Kamu Coba di Rumah dan Cicipi Cita Rasa Khasnya

10 Rekomendasi Resep Snack India Ini Wajib Kamu Coba di Rumah dan Cicipi Cita Rasa Khasnya

10 Rekomendasi Resep Snack India Ini Wajib Kamu Coba di Rumah dan Cicipi Cita Rasa Khasnya – India adalah negara yang dikenal luas akan filmnya yang khas. Ciri dari film India adalah selalu menyelipkan tarian dan juga nyanyian baik di kala sedih maupun senang. Film India juga kerap melibatkan banyak orang untuk mendukung tarian dan nyanyian yang mereka sajikan.

Nah, selain film, India juga dikenal memiliki kuliner yang menggoda, lho. Kenikmatan masakan India sudah banyak diakui. Rasa masakannya yang nendang dan juga kaya bumbu membuat masakan India sayang untuk dilewatkan. Ingin kenal lebih jauh mengenai masakan India? Bersama BP-Guide yuk kenali aneka ciri masakan dan snack dari India.

Menggunakan Banyak Rempah

Jalan-jalan ke India atau mungkin kala sedang berwisata kuliner, kamu wajib banget mampir ke sebuah restoran yang menyediakan menu India. Sebagai pecinta kuliner, belum afdol rasanya kalau kamu belum mencicipi masakan India.

Salah satu ciri khas dari masakan dan snack yang dibuat berdasarkan resep aslinya adalah memiliki banyak bahan rempah. India memang memproduksi aneka rempah karena 70 persen dari kebutuhan rempah seluruh dunia dihasilkan di India. Jenis rempahnya juga sangat beragam. Cita rasa aneka rempahnya unik, misalnya saja safron yang kini menjadi salah satu rempah termahal di dunia.

Masyarakat India memanfaatkan rempah yang ada sebagai penambah rasa pada makanan. Selain itu, mereka juga memanfaatkan rempah untuk aneka industri dari kesehatan hingga kecantikan.

Ramah Vegetarian

Para vegeterian akan sangat suka sajian India karena kebanyakan hidangannya ramah vegetarian. Label makanan yang dijual di India pun bisa mempermudah para vegetarian memilih hidangan mereka. Makanan yang berlabel hijau artinya makanan tersebut untuk vegetarian.

India dikenal sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Hindu. Di sana, sapi dianggap sebagai hewan yang suci sehingga dilarang untuk dikonsumsi. Selain tidak makan daging sapi, masyarakat India juga banyak menyantap hidangan dari gandum dan biji-bijian yang menyehatkan.

Penggunaan Yoghurt Dalam Masakan

Ciri lain dari masakan India adalah memakai yoghurt dalam masakannya. Masakan yang banyak memakai yoghurt biasanya berasal dari kawasan India Utara. Jenis hidangan seperti tandoori, kari ayam, dan nasi biryani umumnya disajikan dengan yoghurt baik dicampur maupun disajikan sebagai cocolan sausnya. Untuk yoghurt yang dipakai dalam hidangan, biasanya restoran tersebut membuatnya sendiri.

Masyarakat India memakai yoghurt dalam hidangannya karena bahan yang satu ini memiliki kelebihan. Pertama, yoghurt merupakan bahan pengental santan yang lebih sehat. Lalu efek mendinginkan dari kandungan laktosa pada yoghurt juga mampu meredakan rasa pedas yang dihasilkan oleh aneka rempah pada masakan India.

Dosa

Snack yang satu ini bentuknya mirip dengan crepe. Teksturnya kering dan crispy membuatnya cocok untuk disajikan bersama kari.

Bahan-bahannya adalah 2 gelas beras, 1 genggam nasi matang, 3/4 gelas lentil hitam, garam secukupnya, dan minyak goreng secukupnya.

Cara membuatnya, pertama rendam dulu berasnya selama 4 hingga 6 jam lamanya. Rendam juga lentil hitam selama waktu yang sama dengan berasnya. Haluskan beras, lentil hitam, dan nasi secara terpisah. Pakailah air sedikit mungkin kala sedang menghaluskan. Campur semua bahan lalu aduk hingga merata. Diamkan adonan supaya bisa terfermentasi selama 1 malam dengan cara menaruhnya di tempat yang hangat.

Keesokan harinya adonan siap dimasak dan ditambah garam secukupnya. Jika adonan terasa terlalu kental, kamu bisa menambahkan sedikit air. Panaskan wajan anti lengket, kemudian tuang sesendok sayur adonan lalu tipiskan memakai gelas atau mangkuk rata hingga adonan menipis. Masak hingga matang, lalu angkat dengan cara menggulungnya dan nikmati makanan ini dengan kari kambing.

Gulab Jamun

Makanan yang satu ini juga khas banget dari India. Biasanya disajikan sebagai hidangan penutup dan juga banyak ditemukan kala perayaan hari besar. Hidangan yang satu ini rasanya manis dengan bentuk yang mirip bola.

Bahan adonan terdiri dari 200 gram susu bubuk, 250 ml susu cair, 3 sdm tepung terigu, 3 sdm butter / mentega, dan minyak goreng untuk menggoreng adonan. Bahan siropnya terdiri dari 200 gram gula pasir, 300 ml air, dan 4 buah kapulaga.

Cara membuatnya adalah awali dengan mencampur semua bahan adonan lalu buatlah menjadi bola mini dan sisihkan. Tuangi gula dan air dalam sebuah panci. Masukkan kapulaga lalu masak hingga air gula terasa lengket di tangan. Panaskan minyak dengan api sedang lalu goreng bola-bola tadi hingga kecokelatan. Jika sudah matang, masukkan bola-bola dalam air gula dan biarkan 1 jam sebelum dihidangkan.

Samosa

Makanan ringan yang satu ini bukan hanya umum ditemukan di India, namun juga banyak ditemukan di Nepal dan Bangladesh.

Untuk membuatnya, diperlukan 20 lembar spring roll pastry. Bahan isinya terdiri dari 2 siung bawang putih, 1 butir bawang bombay, 250 gr daging sapi cincang, 3 telur ayam, 3 lembar daun bawang, 1/2 butir paprika merah, 1 bungkus bumbu gulai siap pakai, 4 sdm kacang polong beku, 1/4 sdt merica, 1/2 sdt bubuk kari, 2 sdm minyak goreng, dan 2 sdm tepung terigu.

Cara membuatnya adalah pertama kita buat isiannya dulu dengan menumis bawang putih sampai wangi. Campur dengan bawang bombay lalu aduk hingga layu. Tambahkan daging dan aduk sampai dagingnya berubah warna. Masukkan bumbu bersama daun bawang dan kacang polong. Selanjutnya masukkan telur dan kocok cepat supaya telur bercampur dan hancur bersama daging.

Masukkan terigu dan aduk cepat supaya terigu merata dan cepat mengering. Potong spring roll pastry menjadi dua lalu isi tiap lembarnya dengan sesendok adonan isi. Lipat bentuk segitiga lalu pulas pinggir kulit dengan telur putih agar melekat di badan samosa. Goreng dalam minyak banyak hingga warna kulit terlihat kuning kecokelatan.

Jalebi

Manisan India ini sering disajikan kala perayaan dan juga festival di India. Khas dengan rasa manis, kamu bisa membuatnya dengan resep ini.

Bahan-bahannnya adalah ½ mangkuk tepung terigu, ½ sendok teh ragi, ½ sendok teh gula, ½ sendok teh minyak sayur, air hangat, dan minyak secukupnya untuk menggoreng. Bahan siropnya adalah 1 mangkuk gula pasir dan ½ mangkuk air.

Cara membuatnya, rendam ragi dalam air hangat secukupnya lalu diamkan 10 menit. Pada wadah satu lagi, campurkan terigu, minyak, dan gula. Masukkan cairan ragi pada wadah terigu lalu aduklah merata. Diamkan adonan selama ½ jam sambil ditutup dengan kain hingga adonan terfermentasi dengan baik. Rebuslah air bersama gula sampai mendidih lalu matikan dulu apinya.

Panaskan minyak di penggorengan lalu masukkan adonan ke dalam botol yang mudah di remas dengan lubang kecil. Remas botol hingga adonan keluar dan berbentuk lingkaran yang kurang lebih nanti bentuknya seperti kerupuk. Panaskan lagi rebusan air dan gula memakai api kecil. Goreng jalebi hingga berwarna keemasan lalu tiriskan dan celup pada rebusan air gula hingga merata lalu angkat dan siap disajikan.

Baca Juga : https://hotbreadsmddc.com/2023/09/11/10-rekomendasi-resep-snack-india-ini-wajib-kamu-coba-di-rumah-dan-cicipi-cita-rasa-khasnya/

10 Rekomendasi Resep Snack India Ini Wajib Kamu Coba di Rumah dan Cicipi Cita Rasa Khasnya
10 Rekomendasi Resep Snack India Ini Wajib Kamu Coba di Rumah dan Cicipi Cita Rasa Khasnya

Paratha

Roti yang satu ini banyak disukai di India. Bentuknya rata, tidak terlalu berminyak, lembut, dan kenyal.

Bahan-bahannya adalah 500 gr tepung terigu, 150 ml susu cair, 40 gr mentega, 1 sdt gula pasir, dan 2 sdt garam halus.

Cara membuatnya, ambil wadah lalu campur terigu, gula dan garam kemudian aduk merata. Tuangi susu cair sedikit demi sedikit sembari mengaduk adonan dengan perlahan hingga kalis. Bulatkan adonan dan diamkan 20 menit supaya mengembang.

Bagi adonan menjadi beberapa bagian misalnya seberat 50 gram. Ambil adonan beri tepung di atasnya lalu ratakan adonan menggunakan alat bantu kayu roll. Jika adonan sudah tipis maka siap di masak. Ambil wajan datar, olesi menteg,a dan biarkan kering. Panggang adonan roti prata yang sudah diratakan hingga kuning keemasan dan siap disajikan.

Pakora

Snack India yang satu ini bisa dibilang sebagai gorengan. Beberapa campuran bahan akan dimasukkan ke dalam adonan tepung lalu digoreng. Isiannya biasanya aneka sayuran seperti terong, kentang, bayam, dan lainnya.

Bahan sayuran terdiri dari 1/4 buah kol ukuran sedang yang diiris tipis, 1 buah bawang bombay, 1 genggam daun ketumbar dipotong kasar, 1 buah tomat dipotong potong, 1 buah paprika hijau dirajang panjang, dan 1 buah wortel dirajang panjang. Bahan bumbu terdiri dari 1,5 sdm ketumbar bubuk, 1/2 sdm lada hitam atau lada putih, dan 1/2 sdm garam.

Cara membuatnya, cuci bersih semua sayuran lalu tiriskan. Campurkan sayuran bersama bumbu dan juga tepung. Remas semua campuran hingga sayuran terbalut tepung. Hindari menambah air terlalu banyak, cukup basahi satu telapak tangan dengan air dan percikkan air tersebut pada campuran pakora jika campuran pakora terlihat agak kering. Panaskan minyak lalu ambil pakora dan goreng hingga kekuningan dan angkat.

Laddu

Snack yang satu ini dominan rasa manisnya. Bentuknya bulat layaknya bola dan sangat populer di India.
Bahan-bahannya adalah 300 gram tepung kacang hijau, 400 gram tepung gandum, 250 gram tepung kacang mede, bubuk almond secukupnya, 3 sachet susu bubuk putih, 6 sdm madu, 12 sdm margarin, 1 sdt vanilli, dan secukupnya kapulaga.

Cara membuatnya, pertama sangrai aneka tepung hingga cokelat keemasan lalu sisihkan. Lelehkan margarin hingga cair lalu masukkan seluruh bahan dan aduk merata. Diamkan sebentar lalu bentuk bulat sesuai selera dan hidangkan.

Chapati

Roti yang satu ini dibuat dari tepung gandum utuh. Kamu bisa menyantapnya dengan kari namun bisa juga dimakan biasa. Bahan-bahannya adalah 4 sdm tepung terigu, sejumput garam, air hangat secukupnya, dan 1 sdm margarin cair.

Cara membuatnya, ambil wadah lalu campur terigu, garam, margarin, dan air hangat. Uleni adonan hingga kalis lalu bentuk bulat dan diamkan 20 menit dengan ditutupi kain. Bagi adonan seukuran bola golf lalu pipihkan. Panggang adonan di teflon lalu tekan pinggiran roti dengan kain bersih hingga membentuk gelembung-gelembung kecil. Balik rotinya lalu angkat jika sudah kecokelatan.

Pani Puri

Jajanan yang satu ini berbahan terigu dengan bentuk bulat. Isi snack ini adalah kentang rebus, rempah, dan kacang-kacangan. Biasanya snack ini dijual di kaki lima.

Bahan-bahannya adalah 120 gr semolina, 75 ml air, 4 sendok makan tepung terigu, 1 sdt baking powder, garam secukupnya, dan minyak secukupnya.

Cara membuatnya, ambil wadah dan campurkan tepung, garam, semolina, dan baking powder. Aduk merata lalu siram dengan air sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga menjadi kalis agar gampang dibentuk. Diamkan adonan dalam wadah tertutup selama 10 menit sampai mengembang. Ambil adonan, bentuk bulat kecil lalu goreng hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan. Tiriskan dan snack siap disajikan.

Dhokla

Bahan-bahannya adalah 500 gram tepung gram kasar, 1 1/2 cangkir yoghurt asam, 1 sdt pasta jahe, 1 sdt pasta cabai hijau, 2 sdm gula, 1/2 sdt kunyit bubuk, 1 sdt jeruk nipis atau jus lemon, 2 sdm garam buah atau soda kue, dan garam secukupnya.

Siapkan pula 2 sdm sayur atau canola, 1 sdt biji mustard hitam, 1 sdt biji wijen, 6 sampai 8 daun kari, 2 cabai hijau dipotong memanjang, dan 1/2 cangkir air hangat. Bahan hiasannya adalah 1/2 cangkir daun ketumbar segar cincang segar.

Cara membuatnya, saring tepung lalu campur dengan yogurt dan diamkan selama 2 jam. Masukkan pasta jahe dan pasta cabai hijau. Tambahkan garam dan bubuk kunyit secukupnya. Masukkan air jeruk nipis, gula pasir dan air hangat secukupnya untuk membuat adonan kalis. Bagi menjadi tiga porsi yang sama lalu sisihkan.

Ambil kukusan lalu siapkan untuk mengukus dhokla. Bagi garam buah atau soda kue lalu tambahkan pada masing-masing adonan dengan jumlah sama lalu uleni dengan baik. Masukkan adonan pada piring yang dilumasi minyak lalu masukkan dalam kukusan. Biarkan dhokla kukus mendingin baru potong kotak seukuran 5 cm.

Jika ingin memanaskan, ambil panci tebal lalu panaskan minyak. Tambahkan daun kari, mustard, biji wijen, dan cabai hijau. Goreng hingga aroma tercium lalu tuangi air hangat. Taburi campuran ini pada dhokla yang sudah dikukus lalu diamkan 10 menit. Hiasi memakai ketumbar cincang dan sajikan dengan chutney asam.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *